Intel Perkenalkan 14 Prosesor "Broadwell" Sekaligus

KOMPAS.com - Prosesor "Broadwell U" dari Intel akhirnya mulai banyak bermunculan. Tak tanggung-tanggung, pabrikan itu mengumumkan kehadiran 14 model chip dari keluarga Broadwell alias Core-i generasi kelima dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2015 yang berlangsung di Las Vegas, AS minggu ini.

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Engadget, Selasa (6/1/2014), sebagian besar dari ke-14 model tersebut merupakan model chip untuk laptop dan desktop hemat daya dari seri Core i3, Core i5, dan Core i7 yang dibekali dengan pengolah grafis terintegrasi Iris Graphics.

Untuk membedakannya dari generasi terdahulu, deretan nomer model prosesor Broadwell atau Core i generasi kelima diawali dengan angka "5", misalnya Core i7-5650U. Adapun huruf "U" (Ultra-low voltage) di belakang menunjukkan statusnya sebagai prosesor hemat daya. 

Selain itu, Intel turut memperluas seri prosesor Pentium dan Celeron dengan memperkenalkan sejumlah model baru untuk laptop kelas budget

Seluruh prosesor yang diumumkan oleh Intel kali ini merupakan model dual core dengan logical thread sebanyak dua atau empat buah. Model Broadwell dengan empat inti (quad-core) atau lebih masih belum terlihat.

Broadwell adalah keluarga chip dengan teknologi teranyar dari Intel yang dibuat dengan proses fabrikasi 14nm, menciut dari pendahulunya, Haswell, yang menggunakan fabrikasi 22nm. 

Penggunaan daya Broadwell pun diklaim lebih hemat sehingga diklaim memperpanjang daya tahan baterai (pada laptop) 20 hingga 30 persen lebih lama dibandingkan Haswell. Meski lebih hemat daya, unit pengolah grafis Broadwell disebut menawarkan kinerja hingga 22 persen lebih tinggi dari pendahulunya.

Model Broadwell pertama adalah seri chip Core M untuk perangkat laptop "hybrid" 2-in-1 yang diperkenalkan sekitar pertengahan tahun lalu.

Related Posts:

0 Response to "Intel Perkenalkan 14 Prosesor "Broadwell" Sekaligus"

Poskan Komentar