Kelebihan BlackBerry Assistant Dibanding Siri dan Google Now

LONDON, KOMPAS.com - BlackBerry Assistant adalah teknologi asisten pribadi tandingan Apple Siri dan Google Now yang pertama kali diperkenalkan pada Juli lalu.Software ini memulai debutnya di smartphone BlackBerry Passport yang diluncurkan secara serentak di tiga kota pada Rabu (24/9/2014) kemarin.

BlackBerry tak lupa mendemonstrasikan kemampuan BlackBerry Assistant di salah satu panggung acara di kota London, Inggris, seperti dilaporkan wartawan KompasTeknoOik Yusuf.

Berbeda dengan layanan lain sejenisnya, Direktur Handheld Software BlackBerry, Michael Clewley, mengatakan bahwa BlackBerry Assistant secara khusus dirancang untuk memudahkan penggunanya dalam bekerja.

“Google Now dan Siri tidak bisa mengakses file pekerjaan saat pengguna berada di luar kantor, tapi BlackBerry Assistant bisa melakukannya,” kata Clewley saat berbicara di dalam acara. 

Dia lalu menunjukkan hasil pencarian jadwal kegiatan di kalender kantor lewat BlackBerry Passport. Sementara, pencarian serupa tidak bisa dilakukan di iPhone 6 karena ponsel tersebut terkunci di luar sistem dan tak dapat melakukan otentikasi.

BlackBerry Assistant bisa diminta untuk membuka, membacakan, sekaligus membalas e-mail. Software ini disebut mampu menyesuaikan cara berinteraksi dengan pengguna sesuai dengan konteks situasi.

Saat “dipanggil” dengan suara, misalnya, BlackBerry Asssistant akan membalas dengan suara pula. Demikian juga saat BlackBerry Asssistant mendeteksi koneksi ke Bluetooth,software ini akan menyahut secara lisan karena berasumsi pengguna sedang menyetir kendaraan dan tidak bisa melihat layar.

Sementara, jika menerima input lewat ketikan teks, BlackBerry Assistant tidak akan mengeluarkan suara, melainkan membalas lewat kalimat-kalimat tertulis di layar. 

“Soalnya, tak setiap saat kita bisa memberi perintah lewat ketikan atau suara. Ketika menghadiri rapat, misalnya, kita tak mau ada suara dari ponsel dan memilih untuk mengetik saja. BlackBerry Assistant mengerti itu dan tidak akan bersuara,” ujar Clewley.

Mirip dengan Siri dan Google Maps, BlackBerry Assistant juga bisa diminta mencari lokasi dengan memanfaatkan layanan peta, serta terintegrasi dengan beberapa jejaring sosial. 

Related Posts:

0 Response to "Kelebihan BlackBerry Assistant Dibanding Siri dan Google Now"

Poskan Komentar