Naik, Peluang Kerja Industri Kreatif Digital

KOMPAS.com - Konten orisinil merupakan "daging" bagi situs web, hal utama yang mendorong pengguna untuk datang ke situs tersebut. 

Google pun makin menunjukkan kesukaan mereka pada konten orisinil, hal ini tercermin dalam panduan mereka bagi pengelola web. 

Begini bunyi salah satu laman pedoman Google:

"Satu langkah paling penting untuk meningkatkan peringkat situs Anda dalam hasil penelusuran Google adalah memastikan bahwa situs tersebut berisi banyak informasi yang kaya yang mencakup kata kunci yang relevan, digunakan dengan semestinya, dan menunjukkan materi pokok dari konten Anda.

"Namun, beberapa webmaster mencoba meningkatkan peringkat laman mereka dan menarik pengunjung dengan membuat laman yang berisi banyak kata tetapi dengan konten yang hampir tidak asli atau tidak asli. Google akan melakukan tindakan terhadap domain yang mencoba berperingkat lebih tinggi dengan hanya menampilkan laman salinan atau tidak asli lainnya yang tidak menambahkan nilai sesungguhnya kepada pengguna." 

Menurut keterangan resmi yang diterima KompasTekno dari Freelancer.com, Rabu (5/11/2014), hal itu telah memaksa para pemilik situs dan blog untuk merangkul lebih banyak konten orisinil dan relevan. 

Situs Freelancer.com pun melihat permintaan pembuatan konten orisinil meningkat diplatform mereka. Beberapa kenaikan yang tercatat mencakup:
  • Book Writing naik 30 persen menjadi 1.314 pekerjaan
  • Photography naik 24 persen menjadi 1.521 pekerjaan
  • eBooks naik 21 persen menjadi 1.318 pekerjaan
  • Editing naik 21 persen menjadi 244 pekerjaan
  • Blogging naik 15 persen menjadi 4.290 pekerjaan.

Kenaikan juga terjadi pada bidang pekerjaan visual, misalnya:
  • Photo Editing naik 29 persen menjadi 2.199 pekerjaan
  • Photoshop naik 29 persen menjadi 13.374 pekerjaan
  • Illustrator naik 22 persen menjadi 4.730 pekerjaan
  • 3D rendering naik 20 persen menjadi 3.731
  • 3D Design naik 14 persen menjadi 1.224

Data itu berasal dari laporan bertajuk Data Fast 50 untuk periode kuartal ketiga 2014. Laporan tersebut merupakan hasil ulasan para ahli data di Freelancer.com terhadap 295.259 pekerjaan online.

Indonesia Country Manager, Freelancer.com, Helma Kusuma, mengatakan data Fast 50 itu bisa menjadi pedoman bagi pengguna di Indonesia untuk melihat perubahan peluang kerja di pasar global. 

Selain dari industri kreatif digital di atas, data Fast 50 itu juga disebutnya menunjukkan peningkatan di bidang pekerjaan terkait media sosial. Disebutkan bahwa bidang ini naik secara kolektif sebanyak 63 persen dari quarter kedua 2014.

Bisa ditarik kesimpulan, pekerjaan lepas di bidang industri kreatif digital seperti disebutkan di atas mengalami kenaikan cukup pesat. Artinya, ada peluang terbuka yang bisa segera "dilahap" oleh pekerja kreatif, termasuk di Indonesia.

Related Posts:

0 Response to "Naik, Peluang Kerja Industri Kreatif Digital"

Poskan Komentar